Ternyata Om Wiki Tidak Selamanya Benar

Om Wiki Tidak Selamanya Benar

Om Wiki Tidak Selamanya Benar

Apakah ada yang belum kenal dengan Om yang satu ini? Semua orang yang sudah lama surfing di internet tentu mengenal Om Wiki. Kalau kamu belum lama berkelana di internat coba kamu masuk ke Wikipedia.org. Yup, Om Wiki yang dimaksud tidak lain adalah sebuah situs ensiklopedia bebas dimana situs ini ditulis secara gotong-royong oleh para pengunjungnya dan bergender (berjenis) wikiwiki. Istilah wiki sendiri adalah sebuah situs web yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Jadi singkatnya, siapapun, termasuk kamu, dapat mengubah atau menyunting setiap artikel yang ada di Wikipedia.org.

Sebagai ensiklopedia, wikipedia diharapkan memiliki segala infomasi dari A sampai Z. Dari arti dari sebuah kata sampai pada kisah sejarah, dari info musik sampai info grup sepak bola A.C. Milan. Yang istimewanya lagi dari Om yang satu ini adalah ia menggunakan sekitar 44 (empat puluh empat) bahasa. Loh kok bisa? Tentu saja bisa karena seperti yang telah disampaikan di atas bahwa Wikipedia.org ditulis secara gotong-royong oleh semua orang dari berbagai negara yang berpartisipasi di dalamnya dengan menggunakan bahasa masing-masing.

Oleh karena Om Wiki ini dianggap oleh mayoritas orang sebagai gudang informasi yang dibutuhkan oleh setiap orang,  maka kadang kala Om Wiki dijadikan sebagai narasumber atau literatur untuk mendukung tulisan seseorang. Namun apakah semua informasi yang disuguhkan oleh Om Wiki merupakan informasi yang valid, yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya? Ternyata tidak.

Meskipun Om Wiki memiliki segudang informasi, namun nampaknya beberapa informasinya ada yang bertabrakan, khususnya saat kita membandingkan sebuah informasi dari bahasa yang satu dengan bahasa yang lain. Meskipun pokok bahasannya sama, namun penjelasannya berbeda-beda pada tiap bahasa.

Kemudian, Om Wiki yang ditulis oleh beragam orang maka di dalamnya pun terdapat beragam kepentingan. Jadi tidak menutup kemungkinan ada manipulasi informasi di dalam Om Wiki, misalnya dalam kronologi sejarah.

Bahkan pengetahuan sang editor atau penulis artikel atau informasi di Om Wiki juga perlu menjadi perhatian. Seorang editor atau penulis yang memiliki pengetahuan yang lemah mengenai suatu pokok bahasan yang ia tulis, maka akan membuat pokok bahasan tersebut menjadi lemah kebenarannya. Jadi, dapat dikatakan bahwa Om Wiki ternyata tidak selamanya benar.

Lalu bagaimana? Apakah kita tidak perlu lagi mempercayai Om Wiki sebagai ensiklopedia yang bermutu? Tidak juga, karena saya yakin ada orang-orang yang berdedikasi tinggi yang berusaha menjadikan Om Wiki sebagai ensiklopedia online yang bermutu dan terpercaya yang berusaha menyediakan dan menyampaikan informasi yang sebenar-benarnya. Oleh karena itu kita perlu menggunakan ketelitian kita di dalam melihat informasi yang mana yang bermutu dan layak kita percaya.

Bagaimana caranya membedakan informasi yang bermutu dan layak dipercaya yang ada di Wikipedia.org?

Cukup mudah sebenarnya untuk membedakan informasi yang bermutu dan layak dipercaya, yaitu dengan melihat bagian akhir dari informasi yang disajikan. Jika dibagian akhir terdapat referensi ataupun literatur lain yang menjadi acuan, maka informasi tersebut bermutu dan layak dipercaya. Semakin banyak, maka semakin baik. Sebaliknya jika tidak terdapat referensi ataupun literatur lain di akhir informasi, maka informasi tersebut patut kita ragukan.

Mari kita lihat sebuah kasus dari apa yang telah kita bahas. Ketika kita mencari infomasi mengenai meditasi dalam bahasa Indonesia dan meditation dalam bahasa Inggris, maka kita menemukan penjelasan yang berbeda. Meskipun membahas hal yang sama nampaknya pembahasan mengenai meditasi dalam bahasa Indonesia merupakan pembahasan yang kurang bermutu dan tidak layak dipercaya karena tidak terdapat referensi ataupun literatur lain di akhir pembahasannya. Berbeda dengan pembahasan meditasi dalam bahasa inggris yang bermutu dan layak dipercaya karena memiliki referensi ataupun literatur lain di akhir pembahasannya.

Nah, saya rasa cukup membahas mengenai Om Wiki, dan bagi kamu-kamu yang berdedikasi tinggi untuk menyampaikan informasi yang akurat dan terpercaya silahkan berpartisipasi di Wikipedia.org

S

Iklan

1 Komentar

  1. […] mengenai agama. Setelah saya “berselancar” di dunia maya dan juga mengunjungi Om Wiki, dari semua ilmuwan, nampaknya hanya nama Albert Einstein yang memenuhi syarat sebagai ilmuwan […]


Sorry, the comment form is closed at this time.

Comments RSS