5 Top Peristiwa Besar Dunia Tahun 2011

Tahun 2011 akan segera berakhir. Banyak peristiwa-peristiwa besar yang telah terjadi di dunia sepanjang tahun 2011, baik peristiwa yang menyedihkan, membahagiakan dan mengkhawatirkan. Apa sajakah peristiwa-peristiwa besar itu? Berikut adalah 5 top peristiwa besar dunia tahun 2011 yang cukup besar menyita perhatian banyak orang di seluruh dunia versi smystery.

1. Arab Spring
Arab Spring atau Kebangkitan Bangsa Arab atau disebut juga Revolusi Melati oleh beberapa media merupakan gelombang revolusi unjuk rasa dan protes yang terjadi di dunia Arab seperti di Mesir, Tunisia, Lybia, Suriah, Yaman. Dimulai pada 18 Desember 2010 hingga sekarang dan puncaknya pada Januari 2011 sampai oktober 2011 berupa lengsernya beberapa kepala negara seperti Presiden Zine El Abidine Ben Ali dari Tunisia, Presiden Hosni Mubarak dari Mesir, dan tewasnya Muammar Gaddafi dari Lybia pada Oktober 2011.

2. Gempa dan Tsunami Jepang
Gempa berkekuatan 9,1 Skala Richter mengguncang bagian timur Jepang, yang memicu munculnya tsunami, pada 11 Maret 2011. Diperkirakan 15.822 orang tewas dan 3.926 orang hilang. Gempa yang disebut juga dengan Gempa Tohoku memberikan dampak kepada rusaknya reaktor nuklir Fukushima yang menimbulkan bencana radiasi nuklir. Gempa ini juga memberikan dampak pada bergesernya poros bumi antara 10 cm sampai 25 cm.

3. Pernikahan Pangeran William
Royal Wedding atau Pernikahan Kerajaan Inggris antara Pangeran William, Duke of Cambridge, dengan Catherine Middleton diadakan di Westminster Abbey, London pada 29 April 2011. Pernikahan pewaris tahta kerajaan Inggris dan putra pertama dari mendiang Putri Diana dan Pangeran Charles ini diperkirakan ditonton sekitar 2 miliar orang baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Tewasnya Osama bin Laden
Setelah Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Al-Qaeda yang dianggap bertanggung jawab atas peristiwa teroris 11 September 2001, pemburuan terhadap pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden pun dilakukan. Akhirnya setelah 10 tahun, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, pada 1 Mei 2011 mengumumkan bahwa Osama bin Laden telah tewas dalam operasi militer Amerika di Pakistan.

5. Krisis Ekonomi Eropa
Krisis ekonomi Eropa dipicu oleh adanya krisis utang Yunani yang mulai dirasakan akhir 2009 semakin berkembang dan menjalar ke Irlandia dan Portugal. Krisis utang ketiga negara tersebut memicu pergolakan di bursa saham Eropa dimana saham bank-bank Eropa mengalami penurunan yang tajam. Krisis ekonomi ini kemudian menjalar kembali ke Itali, Spanyol, Inggris, dan Perancis pada tahun 2011. Sampai saat ini para pemimpin Eropa belum menemukan jalan untuk mengatasi krisis yang juga diperkirakan member dampak pada perekonomian dunia pada tahun 2012.

Demikian 5 Top Peristiwa Besar Dunia Tahun 2011 di antara peristiwa-peristiwa besar lain yang menjadi perhatian banyak orang.

Iklan