Inilah Alasan Mengapa Wikipedia Mati Hari ini

Jika kita berselancar di internet hari ini ke Wikipedia khususnya yang berbahasa Inggris, pukul 15.00 hingga besok, kita akan dapat mengakses situs tersebut namun beberapa detik kemudian halamannya akan menjadi gelap dan digantikan dengan tulisan: Imagine a World Without Free Knowledge. Ini bukan karena Wikipedia sedang kena hack atau virus, namun karena Wikipedia memutuskan untuk melakukan protes untuk menentang keberadaan Sopa dan Pipa.

Sopa dan Pipa bukanlah nama orang atau nama jambul baru Syahrini, tetapi dua buah rancangan undang-undang yang dilontarkan oleh perwakilan DPR dan Senat Amerika Serikat mengenai penyetopan pembajakan di dunia internet. SOPA kependekan dari Stop Online Piracy Act dan PIPA kependekan dari Protect IP Act. Jika rancangan undang-undang ini berhasil disetujui oleh Parlemen Amerika Serikat, maka Pemerintah AS dapat memblok dan menyensor situs-situs yang dianggap “bermasalah”.

Rancangan undang-undang ini mendapat tentangan keras dari praktisi internet khususnya situs-situs besar seperti Google, Yahoo, Wikipedia, Facebook, Ebay, WordPress, dll karena rancangan undang-undang ini rawan akan manipulasi sehingga dapat mengakibatkan tertutupnya jalur kebebasan mengekspresikan diri dan mendapatkan informasi. Hanya sebuah link atau satu kata atau opini yang dianggap “bermasalah” yang terdapat di suatu situs, blog ataupun microblog akan dapat dijadikan acuan untuk memblok atau menyensor situs tersebut. Situs-situs dari luar Amerika Serikat yang dianggap bermasalah juga dapat di blok atau disensor sehingga kebebasan warga Amerika Serikat untuk melihat situs dari negara lain akan terbatas.

Pemblokkan situs-situs juga dilakukan oleh Iran, China dan Suriah yang merupakan negara-negara yang minim akan demokrasi. Dan tentu saja hasil dari pemblokan berdasarkan pada rasa suka maupun tidak suka yang tidak bisa diukur kadarnya pada setiap orang.

Bagi Wikipedia sendiri yang merupakan situs ensiklopedia gratis terbesar, Sopa dan Pipa dapat menghalangi orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang gratis. Jadi Sopa dan Pipa bertentangan dengan tujuan dari berdirinya Wikipedia.

Protes yang merupakan protes terbesar dalam sejarah internet di dunia ini diikuti oleh ribuan bahkan mungkin jutaan situs. Kalau Wikipedia dalam protesnya menggelapkan halamannya, maka WordPress.com menyensor setiap tulisan yang ada. Bagi pengguna WordPress.com dapat berpartisipasi melakukan protes dengan melakukan setting / pengaturan pada blog wordpressnya dengan menyematkan pita Stop Cencorship atau menggelapkan halaman dan diganti dengan halaman Protes sampai tanggal 24 Januari 2012. Untuk melakukannya:

  • masuk ke Admin
  • klik Settings
  • klik Full Blackout and Ribbon: untuk menggelapkan halaman dan diganti dengan halaman protes atau klik Ribbon: untuk menyematkan pita Stop Cencorship di kanan atas.
  • klik Save.

Sebagai bentuk solidaritas maka S Mystery menyematkan pita Stop Cencorship di kanan atas halaman blog. Bagaimana dengan anda?

Join Our Censorship Protest!

Iklan