Apakah Kony 2012 itu?

Kony 2012. Dua kata ini sedang tren di dunia maya awal bulan Maret ini. Kony 2012 adalah sebuah kampanye berskala internasional yang bermula di Amerika Serikat untuk menggemakan nama seseorang yaitu Joseph Kony, membuat namanya dikenal oleh seluruh orang di dunia. Apakah ia seorang artis? Bukan. Seorang pejuang demokrasi? Tidak. Lalu? Joseph Kony adalah seorang pemimpin gerilya di Uganda, kepala dari Lord’s Resistance Army (LRA) atau Tentara Perlawanan Tuhan. Bukan karena ia melakukan kebajikan dengan kelompok LRA-nya dengan mengatasnamakan agama, tapi justru sebaliknya ia melakukan perbuatan kriminal dibalik nama agama dan perdamaian.

Joseph Kony menjadi salah satu buronan no.1 dalam daftar kejahatan oleh International Criminal Court (Pengadilan Kriminal Internasional). Ia dituduh telah melakukan pembunuhan, mutilasi, pemerkosaan, dan juga melakukan praktik kanibalisme (sbr: wikipedia.org). Yang mengerikan adalah menculik anak-anak di Uganda untuk dijadikan tentara jika anak tersebut laki-laki, sedangkan anak perempuan akan dijual-belikan untuk pemuas nafsu pria.

Joseph Kony 2012

Joseph Kony (wikipedia.org)

Lalu, jika Joseph Kony telah melakukan kriminalitas, mengapa kita perlu membuatnya terkenal?

Sampai sekarang pemerintah setempat (Uganda) tidak bisa melakukan apapun. Satu-satunya cara adalah adanya campur tangan dari negara adikuasa seperti Amerika Serikat (AS) untuk menangkapnya. Untuk menangkap Joseph Kony yang memerlukan pasukan tentara, pemerintah AS perlu persetujuan senat dan kongres untuk mengirim pasukan tersebut. Namun kongres dan senat pelu melihat kemendesakan permasalahan yang ada. Jika tidak ada permintaan dari banyak orang, maka senat dan kongres AS tidak akan menyetujui hal tersebut.

Permasalahanya sekarang, masyarakat dunia pada umumnya, Amerika Serikat pada khususnya tidak mengetahui siapa Joseph Kony. Dengan demikian permintaan untuk penangkapan Joseph Kony tidaklah banyak, sehingga berkesan tidak mendesak. Untuk itu yayasan Invisible Children menyerukan kampanye untuk membuat nama Joseph Kony terkenal di Amerika Serikat bahkan dunia dengan kode atau kata kunci Kony 2012. Kita perlu membuatnya terkenal agar semua orang mengetahui dan menyadari kejahatannya. Dengan membuatnya dikenal oleh banyak orang dan menuntut Joseph Kony untuk ditangkap dan diadili, maka kongres dan senat AS dapat mengeluarkan izin untuk mengerahkan tentara Amerika Serikat. Demikian alasan yang dibuat oleh yayasan Invisible Children.

Untuk selengkapnya silahkan menyaksikan film dokumenter Kony 2012 yang isinya berupa laporan atau berita Kony 2012.

Catatan :  Jika di antara kita berniat untuk terlibat dalam kampanye ini atau kampanye lainnya, ada baiknya melakukan riset yang mendalam terlebih dulu terhadap apa yang dikampanyekan.

Iklan