7 Kelenteng Paling Terkenal di China

Kelenteng adalah sebutan bagi tempat ibadah kepercayaan tradisional Tionghoa yaitu Kong Hu Cu dan Shenisme. Dalam bahasa aslinya bangunan tersebut disebut miao (庙) atau bio dalam dialek Hokkian.

Istilah “Kelenteng” atau “Klenteng” sendiri berasal dari sebutan untuk bunyi bel atau genta atau lonceng yang oleh masyarakat Jawa menyebutnya sebagai klentengan. Hal ini terjadi karena setiap pagi, dari dalam bangunan rumah ibadah tersebut diadakan upacara sembahyang yang disertai dengan membunyikan genta atau bel atau klentengan. Dari sinilah kata klentengan berubah menjadi klenteng atau kelenteng.

Berikut 7 kelenteng paling terkenal di China yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di sana.

1. Kelenteng Kong Hu Cu/Kong Miao

Kelenteng Kong Hu Cu/Kong Miao di Qufu, Provinsi Shandong

Kelenteng Kong Hu Cu/Kong Miao di Qufu, Provinsi Shandong. Foto: wikipedia.org

Terletak di Qufu, Provinsi Shandong. Merupakan kelenteng Kong Hu Cu terbesar dan terkemuka di China dan Asia Timur. Sejak tahun 1994, Kelenteng Kong Hu Cu telah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO “Kelenteng dan Pemakaman Kong Hu Cu dan Rumah Besar keluarga Kong di Qufu”. Dua bagian lain dari situs ini adalah Rumah Besar Keluarga Kong, di mana keturunan Kong Hu Cu  tinggal, dan Pemakaman Kong Hu Cu, beberapa kilometer ke utara, di mana Kong Hu Cu dan banyak dari keturunannya dimakamkan. Ketiga situs tersebut secara kolektif dikenal di Qufu sebagai San Kong (三孔, tiga Kong), yaitu “Tiga Situs Kong Hu Chu”.

2. Kelenteng Dewa Kota/Chenghuang Miao

Kelenteng Dewa Kota/Chenghuang Miao di Shanghai

Kelenteng Dewa Kota/Chenghuang Miao di Shanghai. Foto: wikipedia.org

Disebut juga dengan Kelenteng Shanghai, terletak di Shanghai, di dalam kota tua berdiding. Saat ini “Chenghuang Miao” tidak hanya mengacu pada kompleks kelenteng yang besar, tapi juga sebuah distrik perdagangan tradisional di kota yang mengitari kelenteng. Ada lebih dari seratus toko dan gerai di daerah ini, dan sebagian besar bangunan toko ini hampir satu abad lamanya. Kelenteng tersebut terhubung ke Taman Yuyuan, landmark lainnya dari kota tua tersebut. Kelenteng ini didedikasikan untuk 3 dewa kota yaitu Huo Guang, Qin Yubo dan Chen Huacheng.

3. Kelenteng Kong Hu Cu Beijing/Beijing Kong Miao

Kelenteng Kong Hu Cu Beijing/Beijing Kong Miao. Foto: wikipedia.org

Kelenteng Kong Hu Cu Beijing/Beijing Kong Miao. Foto: wikipedia.org

Kelenteng Kong Hu Cu terbesar kedua di China. Kompleks ini mencakup empat halaman sejajar sepanjang sumbu pusat. Dari selatan ke utara, struktur penting termasuk Gerbang Xianshi, Gerbang Dacheng, Aula Dacheng dan Chongshengci. Kelenteng ini dibangun pada tahun 1302. Terdapat berbagai ukiran pada bagian dasar kelenteng. Salah satu contoh yang penting adalah ukiran terkenal “dua naga terbang bermain mutiara di antara awan”, gambar langka ini jarang ditemukan di kelenteng-kelenteng Kong hu Cu di China atau Asia Timur, dan biasanya naga sering digunakan dalam istana kekaisaran diperuntukkan bagi kaisar.

4. Kelenteng Wen Shanghai/Wen Miao

Kelenteng Wen Shanghai/ Wen Miao Shanghai. Foto: wikipedia.org

Kelenteng Wen Shanghai/ Wen Miao Shanghai. Foto: wikipedia.org


Dikenal juga dengan Kelenteng Kong Hu Cu Shanghai. Merupakan kelenteng utama di Shanghai dan mirip dengan kelenteng terkenal di kota kelahiran Kong Hu Cu di Qufu, dan kelenteng besar Kong Hu Cu di Beijing, namun memiliki ukuranyang lebih kecil. Kelenteng ini berada di Distrik  Huangpu, tepat dekat dengan Pasar Wen Miao.

5. Kelenteng Fuzi Nanjing/Fuzi Miao

Kelenteng Fuzi Nanjing,  Provinsi Jiangsu.

Kelenteng Fuzi Nanjing, Provinsi Jiangsu. Foto:wikipedia.org

Terletak di selatan Kota Nanjing, di tepi Sungai Qinhuai, Provinsi Jiangsu. Selama bertahun-tahun Fuzi Miao adalah tempat yang terkenal sebagai pusat budaya, seni, belanja, hiburan dan pasar malam besar. Sesuai dengan namanya Kong Fuzi yang merupakan sebutan lain untuk Kong Hu Cu, kelenteng ini didedikasikan untuknya.

6. Kelenteng Dewa Gunung Dai/Dai Miao

Kelenteng Dewa Gunung Dai di Provinsi Shandong.

Kelenteng Dewa Gunung Dai di Provinsi Shandong. Foto: wikipedia.org


Terletak di kaki Gunung Dai (Tai) di Provinsi Shandong, di kota Tai’an dan terdiri dari area seluas 96.000 meter persegi. Merupakan kompleks bangunan kuno terbesar dan terlengkap di area tersebut. Kelenteng ini didedikasikan untuk Dewa Gunung Tai. Kelenteng ini memiliki lima ruang utama dan banyak terdapat bangunan kecil.

7. Kelenteng Kong Hu Cu Jilin/Jilin Wen Miao

Kelenteng Kong Hu Cu Jili

Kelenteng Kong Hu Cu Jili. Foto: tripadvisor.com

Terletak di Jalan Nanchang, Distrik Changyi, Provinsi Jilin, merupakan bio atau kelenteng Kong Hu chu terbesar di bagian timur laut China. Memiliki denah yang hampir sama dengan kelenteng Kong Hu Chu di Nanjing. Yang menjadi sorotan dari situs ini adalah patung Mengzi yang merupakan murid dari cucu Kong Hu Cu dan merupakan filsuf terkemuka setelah Kong Hu Cu sendiri.- S

Iklan